Rabu, 09 Mei 2012

wisata alam berbaut legenda, gua kreo ..

Gua kreo

Objek wisata ini terbilang cukup langka, memiliki pesona alam, kera, dan legenda. Wajar saja Gua Kreo tidak hanya menjadi kebanggaan Kabupaten dan Kota Semarang, tetapi juga jadi objek kebanggaan Jawa Tengah. Sebagai objek wisata alam, gua itu memiliki hutan seluas lima hektare, sungai, dan air terjun yang jernih. Mata airnya tak mengenal musim, tak pernah surut mengalir. Luasnya sekitar 20 hektare dan dihuni oleh 400 kera.
Gua ini dipercaya sebagai petilasan sunan Kalijaga saat mencari kayu jati untuk membangun masjid Agung Demak. Dan kemudian beliau bertemu dengan sekawanan kera yang kemudian disuruh menjaga kayu- kayu jati tersebut. Kata kreo itu sendiri berasal dari mangreho yang berarti peliharalah.
Objek wisata ini dibuka setiap hari pukul 8.00 s/d 18.00 WIB. Pada hari-hari biasa, pengunjung air terjun yang jatuh ke Sungai Kreo itu tidak banyak. Bahkan ketika sore hari, air terjun itu terlihat sunyi. Kadang hanya terlihat seekor atau beberapa ekor kera duduk di atas bebatuan, seolah sedang menjaga air terjun itu. Namun pada hari Minggu, pengunjung air terjun biasanya melimpah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar